Anesthesia

Biografi
Latar belakang berdirinya band ini tidak bisa dilepaskan dari dinamika sejarah awal munculnya pergerakan musik bawahtanah di Cipanas, karena sebagian personil dari band ini merupakan individu – individu yang cukup aktif di dalamnya.
Banyak sekali momen yang cukup penting di awal - awal munculnya underground di Cipanas bermuara dari band yang satu ini, seperti event Cipanas Underground yang pertama (Rabu, 25 Agustus 1999), album kompilasi Sampah “Kompilasi Demo Ancur – Ancuran” (tahun 2001), Anjing_ilegal Record, Selebaran Gelap newsletter, Serangan Jantung fanzine (walopun cuma terbit 2 edisi di tahun 2001 dan 2002), Warriors of Death (Cipanas Extreme Society, yang berdiri tahun 2000), dan event Bongkar Batas (I,II,III & IV).
Serta tidak bisa dilepaskan dari perjalanan dua band berikut ini, yaitu Ajjal dan Sekaratis karena Anesthesia ini lahir terbentuk dari penggabungan kedua band tersebut.

Sekaratis, band brutaldeathmetal yang kalau manggung suka membawakan lagu – lagu dari Suffocation, Cryptopsy dan Dying Fetus ini dibentuk oleh Rio (drums) dan Kimul (vocals) yang awalnya bernama R.I.P (Rot In Pain) di bulan Desember 1999, untuk posisi gitar diisi oleh Banez dan drum oleh Man, keduanya dari band Psychopath.
Namun formasi ini tidak bertahan lama karena dua personil dari Psychopath tersebut mengundurkan diri.
April 2000 mereka memutuskan untuk ganti nama menjadi Sekaratis.
Januari 2001 Sekaratis merekam 1 buah lagunya yang berjudul Onani di Corner Studio Cianjur untuk mengikuti proyek kompilasi Sampah bersama 8 band lainnya yang masih dari Cipanas juga, dirilis oleh Anjing_ilegal Rekord.
Line up’s waktu itu adalah Kimul / vocals, Rio / drum, untuk gitar dan bass diisi oleh Yus dan Ivan keduanya dari band Laknat (sekarang kedua orang tersebut gabung di band Kudeta, yang mengusung musik rock).
Sama seperti sebelumnya formasi ini tidak bertahan lama, sejak itu bongkar pasang personil pun mewarnai perjalanan band ini terutama untuk mengisi bagian bass dan gitar. Oces (Sipillis), Keuyeup (Suckoid, The Error), Be’ep (Stand For Attack) adalah nama-nama yang sempat mengisi kekosongan di posisi tersebut.
Bahkan masa – masa vakum pun sering kali dialami, karena selain disebabkan oleh rutinitas sehari – hari yang lumayan menyita waktu juga disebabkan oleh terlibatnya Rio dan Kimul di band yang sama pula yaitu Ajjal.

Ajjal, berdiri di bulan Juni 1999 dengan line up’s Dewa / gitar, Andi / bass + vocal, dan Ucam / drum. Bongkar pasang personil mengiringi perjalanan band ini, dan sekitar April 2001 sempat merekam demo tape 3 lagu di studio Bio Cianjur, waktu itu dengan line up’s Andi / scream, Kimul (Sekaratis) / growl, Dewa / rhytm gitar, Rio (Sekaratis) / lead gitar, Ano / drum, dan Ivan (Laknat / Sekaratis / Kudeta).
Juni 2004 bikin lagi demo tape yang kedua di studio Top Ten Cianjur dengan line up’s Kimul / vocals, Dewa / rhytm gitar, Rio / lead gitar, Ano / drum, dan Man (Psychopath) / bass.
Tak lama kemudian Man mengundurkan diri dan posisinya diganti oleh Rizza (Skullator) dan di bulan Nopember 2004 Ajjal kembali masuk studio Top Ten untuk merekam 5 lagu yang kemudian dibikin mini album yang diberi titel The Prudential Time of Death serta dirilis oleh Anjing_ilegal Rekord dalam format kaset dan CD.
Desember 2004 salah satu lagu dari E.P tersebut dimasukkan dalam kompilasi Darkness Creation “The First Chapter” bersama 9 band dari Bekasi, dirilis oleh Epidemic Record (Bekasi).
Mei 2006 Rizza mengundurkan diri, tak lama kemudian disusul oleh Ano yang selama ini setia sebagai drummer ikut mengundurkan diri pula.

Oktober 2006, dengan line up’s Kimul / vocals, Dewa / gitar, Be’ep / bass, dan Rio / drums, sepakat untuk menyatukan dua band yang selama ini mereka jaga yaitu Ajjal dan Sekaratis menjadi satu nama yaitu Anesthesia.
Dengan lembaran baru ini mereka mulai intens menulis lagu-lagu baru dan tentu saja musiknya memiliki perbedaan dengan band-band sebelumnya walaupun tetap di jalur metal. Band – band Thrash / Death Metal era 90-an menjadi acuan untuk musik yang mereka usung. Hasilnya, pada Juni 2008, mereka merekam 4 lagu di studio Cool. Sebagian dari lagu tersebut pada Juli 2008 diikut sertakan ke dalam kompilasi Pulling The Trigger bagian pertama, dan pada April 2009 mereka kembali turut serta di kompilasi Pulling The Trigger yang keduanya.
Juni 2009 mereka menambah satu personil lagi untuk melengkapi posisi gitar yaitu Ade dari band Not Usually Star.
Dan di bulan Agustus 2009 mereka memasuki studio Base untuk merekam 1 lagu barunya.
Bulan Nopember 2010 Aldy masuk menggantikan Ade, dan bulan April 2011 mereka secara kontinyu sudah mulai merekam beberapa lagunya.

Awal September 2011 kembali terjadi perubahan yg cukup signifikan, yaitu Kimul yg selama ini menjadi vokalis memutuskan untuk keluar.
Namun posisi tsb langsung di isi oleh Tia, (cewe vokalis dari band Deadshallrise yg sudah membubarkan diri sejak Agustus lalu).

Dengan formasi Tia/vocals, Dhewa/guitars, Aldi (additional guitar), Rahman (Be'ep) /bass, dan Rio/drums, pada awal Nopember mereka kembali merekam 3 lagu dan menggarap 1 video klip.
Tepat tanggal 11 Nopember 2011 semua materi tersebut resmi dirilis oleh Ciptarea Records dalam format MCD, dicetak terbatas cuma 111 copies!

Influence
Malevolent Creation, Cryptopsy, Dream Theater.
Member
Genre
Extreme Metal

Label:
Ciptarea Record

Manajer Umum
Kimul

Website
https://www.facebook.com/AnesthesiaExtremeMetal
http://www.metal-archives.com/band/view/id/354033786